Meky Ruwayari :Kembalinya Papua Ke Pangkuan NKRI Tidak Bisa Diganggu Gugat

Meky Ruwayari :Kembalinya Papua Ke Pangkuan NKRI Tidak Bisa Diganggu Gugat

59
0
BERBAGI

.Indoxpost,Jayapura — Meky Koordinator Wilayah yang ditugaskan oleh Ketua Umum DPN Gercin-NKRI menyampaikan, persoalan Papua telah selesai dalam bingkai NKRI 1 mei 1963 untuk itu saatnya kita membangun bangsa dan negara. Kalau pun ada suara-suara sumbang yang mempersoalkan masuknya papua ke dalam bingkai NKRI  hal itu adalah merupakan hal  yang biasa  di alam demokrasi di Indonesia. Pembangunan tetap terus kita jalankan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial bagi rakyat papua.

Menurutnya, Momentum 1 mei 1963 masuknya papua ke dalam bingkai NKRI adalah merupakan hari bersejarah  bagi orang asli papua dimana dengan momentum tersebut orang papua bisa menikmati pembangunan hingga di saat ini dan dengan kehadiran produk UU  otonomi khusus di tanah Papua dapat menghasilkan  pemimpin  di tanah Papua hampir 99 persen adalah orang asli papua  (OAP) seperti Gubernur Papua, Ketua DPRP Papua, Ketua MRP Papua,  Bupati dan Walikota di Papua merupakan anak adat asli papua.

 

Hal ini adalah merupakan sebuah  kemajuan yang sangat besar bagi peradaban orang papua  dalam bingkai NKRI, itu berarti masa depan tanah Papua ditentukan oleh orang papua sendiri yang memegang kendali politik dan pemerintahan di tanah Papua.

 

Demikian perbincangan Meky Ruwayari dengan reporter selaku Koordinator Wilayah Papua Gerakan Rakyat Cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (Gercin-NKRI) di sela-sela jalan santai bersama masyarakat di Jayapura, Rabu, 1 Mei 2019.

“Kita tidak usah terus berteriak-teriak dan menyalahkan pemerintah pusat akan segala kebijakannya untuk pembangunan di tanah Papua,  namun kita Orang Asli Papua (OAP) para pemimpinnya harus benar-benar melakukan evaluasi kepemimpinan di papua kenapa papua tidak sejahtera padahal kewenangan kita sudah miliki dalam akselerasi percepatan  pembangunan di tanah Papua.” ujar Meky.

Hal ini harus kita renungkan bersama  sejauh mana kontribusi pembangunan yang signifikan yang telah

diberikan oleh pemimpin-pemimpin  di tanah  Papua untuk rakyatnya yang ada di lembah lembah gunung-gunung garai dan pantai.

“Kami berterima kasih kepada Walikota jayapura DR. Tomi Mano MM yang telah mensupport kegiatan 1 Mei dengan baik di mana kami dari gerakan rakyat cinta (Gercin-NKRI)  telah melaksanakan gerak jalan santai dalam rangka memperingati  1 Mei hari integrasi papua kedalam NKRI dengan melibatkan massa yang cukup banyak yaitu hampir kurang lebih 5 ribu lebih massa yang hadir dalam kegiatan jalan santai tersebut,” ucapnya.

Pihaknya juga tak lupa mengucapkan terima kasih banyak kepada Komandan Korem 172 PWY Kolonel Infantri Binsar Sianipar beserta staf serta Komandan Kodim 1701  Letkol Infantri J. Paranusa beserta staf  yang sudah bersinergi dengan gerakan rakyat cinta NKRI bersama Walikota Jayapura serta Kapolresta Jayapura AKBP Gustaf Urbinas S.IK guna suksesnya acara tersebut.

“Karena saya sebagai Koordinator Wilayah yang ditugaskan oleh Ketua Umum DPN Gercin-NKRI untuk mengawal dan mensukseskan kegiatan tersebut dengan berkoordinasi dengan semua elemen masyarakat yang ada di kota Jayapura,”ungkapnya.

Pihaknya juga sangat  berharap agar supaya kegiatan-kegiatan kebangsaan seperti ini juga dilakukan oleh Kabupaten/Kota di Provinsi Papua dan Papua Barat agar supaya  dapat memberikan pencerahan-pencerahan yang positif bagi generasi muda papua bahwa persoalan papua integrasinya ke dalam NKRI sudah selesai namun saatnya generasi muda papua berlomba-lomba untuk belajar dengan baik dan mengisi kemerdekaan yang ada serta jangan menyia-nyiakan waktu yang  Tuhan berikan kepada kita  namun sebaliknya pergunakan waktu tersebut dengan baik guna membangun bangsa dan negara.

Karena setiap detik, setiap waktu, setiap menit dan jam serta tahun akan ada perubahan untuk itu generasi saat ini harus menjemput perubahan tersebut, sebab kalau kita tidak menjemput perubahan  tersebut maka  kita akan digilas oleh perubahan, karena bumi ini selalu berputar pada porosnya.

“Kami juga tak lupa mengucapkan terimah kasih banyak kepada Kementerian  Dalam Negeri Republik Indonesia khususnya Direktorat Jendral Politik dan Pemerintahan Umum yang telah bekerjasama dengan gerakan rakyat cinta NKRI untuk melaksanakan forum kemitraan Ormas dalam rangka peningkatan  kapasitas kelompok perempuan dan penyandang difabel dan kelompok rentan/ marjinal lainya yang di laksanakan pada tanggal 30 April 2019  di hotel Sahid Jayapura Papua yang telah berjalan dengan sukses,” kata Meky.

Pihaknya tetap terus akan melaksanakan konsolidasi organisasi secara nasional dan terlebih khusus  di Tanah Papua kami akan melaksanakan musyawarah daerah dan pelantikan DPD Gercin-NKRI Papua setelah itu kami akan melakukan musyawarah dan pelantikan di kabupaten kota se-Papua, namun kami masih menunggu instruksi dari Dewan Pimpinan Nasional, di mana setelah dewan pimpinan nasional dilantik, setelah itu kami akan bergerak di daerah- daerah lain di Indonesia sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh Ketua Umum Gercin-NKRI kepada kami sebagai Koordiator Wilayah provinsi-provinsi di indonesia.

Sebab Gercin-NKRI memiliki pola kepemimpinan satu Komando, karena Gercin-NKRI merupakan organisasi pengkaderan di mana kader-kader terbaik anak bangsa dididik atau digodok untuk menjadi pemimpin bangsa yang amanah dan berintegritas yang tinggi bagi bangsa dan negara.

“Kami rencananya melalui Dewan Pimpinan Nasional Gercin-NKRI  akan melaksanakan kegiatan di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta Timur, masih dalam semangat hari 1 Mei integrasi Papua kedalam NKRI dengan melibatkan mahasiswa dan pelajar papua se-Jabodetabek serta masyarakat pada umumnya  untuk memperingati hari bersejarah bagi orang Papua, NKRI dan   internasional.” pungkas Meky. (fri)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY